APA SIH KORUPSI ITU?

Waktu itu gua lagi main kerumah temen gua, gua nemu buku bagus nih. Gua baca aja, yang mau gua post ini adalah sedikit isi dari buku yang udah gua baca. Langsung aja.

Ada beberapa definisi korupsi yang kita kenal. Inti nya jelas. Mau dilihat dari sudut pandang apapun juga - agama kek. hukum - kek korupsi itu adalah tindakan yang salah. Salah, karena merugikan negara dan bikin sengsara orang lain (malah bikin malu bangsa dimata dunia).

GARA-GARA KORUPSI 

1. Penegakan hukum dan layanan masyarakat jadi amburadul
    Lalu lintas kayaknya bisa jadi contoh yang pas. Dari ngurus SIM sampai sidang kasus tilang, nggak ada lagi yang berjalan sebagaimana semestinya. Ujung-ujungnya, duit dan kekuasaan lah yang bicara.Kalo nggak punya dua makhluk itu, jangan harap bisa dapat layanan masyarakat yang oke atau keadilan dimata hukum.
2. Pembangunan fisik jadi terbengkalai
     Suka bingung kenapa banyak jalanan rusak atau gedung sekolah reot? Yup, lagi-lagi semua karena korupsi. Mulai dari mengorbankan kualitas bahan bangunan supaya duit nya bisa ditilep, sampai bikin proyek yang sebenarnya nggak perlu. Intinya, sedikit banget pembangunan fisik dinegara kita yang dijalanin dengan tujuan menghasilkan sesuatu yang kuat dan berguna buat masyarakat.

3. Prestasi jadi nggak berarti
    Seharusnya, orang bisa menduduki jabatan tertentu karena dia emang berprestasi dan kompeten. Tapi kenyataan biacara lain: Siapa aja bisa menduduki sisi apa aja. Syarat nya? Ya itu tadi, punya uang atau kekuasaan. Hasilnya? Banyak banget posisi penting yang diduduki oleh orang yang nggak becus. Kita-kita lagi deh yang kena getahnya.

4. Demokrasi jadi nggak jalan
    Pemilihan wakil daerah bisa jadi contoh yang menarik. Abis, udah repot-repot dipilih, sebagian tetep aja lebih mengutamakan kepentingan mereka yang punya duit ketimbang mereka yang memilih. Ngeliat situasi ini, jangan heran kalo rakyat bisa jadi nggak percaya sama demokrasi. 

5. Ekonomi jadi hancur
    Ada dua kata kunci: Nggak efisien. Mau bikin pabrik, musti nyogok sana-sini. Mau buka usaha dengan modal kecil, kalah sama perusahaan-perusahaan bermodal gede yang deket sama pemegang kekuasaan. Nggak heran orang asing mulai males investasi di Indonesia. Buntut-buntut nya, kita-kita juga yang sengsara. Nyari kerja jadi susah, bertahan hidup apalagi.

DEFINISI KORUPSI...

...menurut asal kata:
Korupsi berasal dari bahasa latin, corruptio. Kata ini sendiri punya kata kerja corrumpere yang artinya busuk, rusak, menggoyahkan, memutar balik atau menyogok.

...menurut Transparency International:
Korupsi adalah perilaku penjabat publik, mau politikus atau pegawai negeri, yang secara nggak wajar dan nggak kenal legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengan dirinya, dengan cara menyalahgunakan kekuasaan publik yang di percayakan kepada mereka.

...menurut hukum di Indonesia:
Penjelasan gamblang nya ada dalam tiga belas pasal UU No. 31 Tahun 1999 jo. UU No. 21 Tahun 2001. Menurut UU itu, ada tiga puluh jenis tindakan yang bisa dikategoriin sebagai tindakan korupsi.

SUMBER: Buku "Pahami dulu baru lawan!"

0 komentar:

Posting Komentar